• Telepon

    +6224 7608203, 7610121
  • Alamat

    Jl. Madukoro AA-BB No.44 Semarang 50144
  • Email

    esdm@jatengprov.go.id

Berita

KEGIATAN PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN AIR TANAH CABANG DINAS ESDM PROVINSI JAWA TENGAH WILAYAH SEMARANG DEMAK

KEGIATAN PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN AIR TANAH CABANG DINAS ESDM PROVINSI JAWA TENGAH WILAYAH SEMARANG DEMAK

Tim Teknis Geominerba pada hari Selasa, 11 Januari 2022 telah melakukan pengawasan pada Sumur Bor ke-1 dan 2 milik PT. Sandang Asia Maju Abadi (PT. SAMA) di koordinat UTM 49S 425.532 mT 9.229.112 mS yang didampingi oleh satu orang tenaga mekanik dan dua orang administrasi kantor dari perusahaan.

PT. SAMA merupakan perusahaan Garment yang berada dalam Kawasan Industri Wijayakusuma yang berlokasi di Jl. Raya Semarang-Kendal KM 12 Tugu Semarang.  Kegiatan pengawasan dilakukan untuk menjaga konservasi wilayah Cekungan Air Tanah Semarang Demak agar tetap terjaga kelestariannya dalam pengambilan air tanahnya sehingga diharapkan agar pengguna air tanah untuk pemanfaatan air tanahnya tidak melebihi izin debit maksimum yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sumur Bor ke-1 dan 2 PT. Sandang Asia Maju Abadi telah mengantongi izin pengusahaan air tanah (SIPA) dari Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2018 dengan masa waktu izin 3 tahun, dan untuk saat ini sedang melakukan proses perpanjangan izin. Sumur Bor ke-1 dan 2 PT. SAMA dalam Peta Zona Konservasi CAT Semarang Demak masuk dalam Zona Rawan, sehingga perlu adanya pembatasan dalam penggunaan air tanahnya. Dalam kegiatan pengawasan telah dilakukan penyegelan terhadap meter air yang ada di sumur ke-1 dan 2, dengan tujuan agar dalam operasional pemanfaatan air tanahnya tetap menggunakan konstruksi sesuai dengan data konstruksi yang ada di SIPA.

Dari analisis kebutuhan penggunaan air tanah, PT. SAMA telah memanfaatkan air tanah untuk kebutuhan produksi garment seperti untuk proses laundry, pendinginan dalam mesin boiler, dan mandi cuci kakus (MCK) karyawan sebanyak 2.500 orang. Dalam kebutuhan produksi pemanfaatan air tanahnya yang masih belum tercukupi dari 2 sumur bor existing yang ada dengan debit yang diizinkan, PT. SAMA juga menggunakan alternatif sumber air lainnya yang berasal dari pengolahan air bersih (WTP) pengelola Kawasan Industri Wijayakusuma.

(Tim Media Cabang Dinas ESDM Wilayah Semarang Demak) 

Twitter

Instagram