BMKG Catat 8 Gempa Susulan di Kalibening

BMKG Catat 8 Gempa Susulan di Kalibening

BMKG Catat 8 Gempa Susulan di Kalibening, Ada yang Kedalaman hanya 1 Km

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mencatat ada delapan gempa susulan di Kalibenging, Banjarnegara, Minggu (22/4/2018).

Magnitudo gempa susulan terbesar 3,4 M, sedangkan terkecil 1,7 M.
Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebut gempa susulan terbaru yang teranalisa magnitudonya M=3,4. Terjadi pada Sabtu (21/4/2018) pukul 18.19 WIB.

Episenter gempa itu pada koordinat 7,20 LS,109,66 BT, tepatnya di darat pada jarak 25 kilometer arah utara Banjarnegara. Berkedalaman 1 kilometer.

“Gempa susulan ini dirasakan cukup kuat di Kecamatan Kalibening dalam skala intensitas III MMI seluruh warga Kalibening merasakan guncangannya,” tulis Daryono melalui rilis.

“Dampak gempa susulan ini menyebabkan 2 orang mengalami luka ringan dan 3 orang mengalami shock. Warga yang menderita luka ringan disebabkan karena terkena rubuhan bangunan yang memang sudah retak saat terjadi gempa utama pada hari Rabu (18/4) lalu,” imbuh dia.

Karakteristik gempa Kalibening, lanjut pria asal Salatiga itu, cukup unik. Karena kedalaman hiposenter yang sangat dangkal, sehingga berdampak guncangan meski bermagnitudo kecil. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul BMKG Catat 8 Gempa Susulan di Kalibening, Ada yang Kedalaman hanya 1 Km, http://jateng.tribunnews.com/2018/04/22/bmkg-catat-8-gempa-susulan-di-kalibening-ada-yang-kedalaman-hanya-1-km.
Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: iswidodo

Menuju Masyarakat Sejahtera Melalui Penguatan Pengelolaan ESDM dan Kemandirian Energi dengan tetap mengacu pada prinsip pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.