ESDM Jateng: Warga harus pahami potensi bahaya di area tambang

ESDM Jateng: Warga harus pahami potensi bahaya di area tambang

Cilacap (ANTARA) – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah meminta warga yang bermukim di sekitar area pertambangan harus memahami potensi bahaya akibat adanya aktivitas tambang.

“Perusahaan pun harus memberikan sosialisasi tentang keselamatan penambangan secara rutin kepada warga di sekitar area tambang,” kata Inspektur Tambang Dinas ESDM Jateng Nugroho Priambodo di Cilacap, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat kegiatan sosialisasi keselamatan penambangan bagi warga Desa Jangrana, Kecamatan Kesugihan, dan Desa Tritih Lor, Kecamatan Kesugihan, yang diselenggarakan oleh PT Solusi Bangun Indonesia Pabrik Cilacap (Semen Indonesia Group) bekerja sama dengan Dinas ESDM Jateng, pemerintah desa setempat, dan pihak terkait lainnya.

“Kegiatan sosialisasi ini efektif dan rutin dilakukan oleh perusahaan, sehingga kami yakin kesadaran dan pengetahuan warga akan keselamatan dan potensi bahaya akibat adanya aktivitas tambang akan semakin baik,” katanya, menegaskan.

Dalam sosialisasi tersebut, Nugroho menjelaskan tentang berbagai potensi bahaya yang ada di area tambang, seperti tertabrak alat berat, terkena gigitan binatang melata, dan tenggelam di kolam tambang.

Sementara itu, Community Relations Manager PT Solusi Bangun Indonesia Pabrik Cilacap Kusdiharto mengharapkan kegiatan sosialisasi tersebut dapat menciptakan kesamaan langkah untuk bersama-sama mengutamakan keselamatan.

“Kami juga berharap sosialisasi ini dapat menjadi ajang silaturahmi antara kami dan warga sekitar area tambang,” katanya.

Usai kegiatan sosialisasi, warga menandatangani komitmen bersama untuk tidak memasuki dan melakukan kegiatan di area pertambangan tanpa izin serta tidak berburu di sekitar lokasi tersebut.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti 60 warga Desa Jangrana dan Tritih Lor tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni peserta wajib memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

Pewarta : Sumarwoto
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menuju Masyarakat Sejahtera Melalui Penguatan Pengelolaan ESDM dan Kemandirian Energi dengan tetap mengacu pada prinsip pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.