Pemprov Jateng Mulai Buka Masa Musrenbang 2018

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda
TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jateng mulai menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) dan Sosialisasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018.
Musrenbang akan dibuka di Gradhika Bhakti Praja, komplek kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Selasa (7/2/2017).
Sekretaris Daerah Jateng, Sri Puryono, mengatakan masyarakat dapat memberi saran, pendapat, dan masukan guna mewujudkan kualitas perencanaan pembangunan melalui kanal-kanal perencanaan.
Menurutnya, tahun depan merupakan tahun terakhir perwujudan visi pembangunan jangka menengah 2013-2018.
Maka pembangunan akan diarahkan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berdikari.
Prioritas program antara lain penurunan kemiskinan dan pengangguran, pembangunan infrastruktur, perwujudan kedaulatan pangan dan energi serta perbaikan tata kelola pemerintahan, demokratisasi dan pemantapan kondusivitas wilayah.
“Fokus pembangunan yang mengarah pada pengurangan kemiskinan dan penurunan disparitas wilayah akan menjadi agenda penting dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Puryono, Senin (6/2/2017).
Ia menjelaskan, implementasi program pada 2018 melalui perencanaan berbasis holistik, tematik, dan integratif serta perubahan pola penganggaran dengan pendekatan money follow program (anggaran menyesuaikan program).
Lokus pembangunan berbasis pelibatan multistakeholder.
“Maka partisipasi dari semua pihak sangat diperlukan. Mulai dari proses perencanaan pembangunan hingga pelaksanaannya,” ujarnya.
Pada Musrenbang ini, semua pihak dapat menyampaikan pandangan, usulan, pendapat, maupun informasi dalam penyempurnaan Rancangan Awal RKPD 2018. Hadirin mulai dari pejabat pusat di Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional.
Kemudian Forkopimda Provinsi Jateng, DPD, DPRD Jateng dan kabupaten/kota, akademisi, organisasi profesi, asosiasi dunia usaha, lembaga donor, LSM, partai politik, masyarakat, dan pemangku kepentingan lain. Dari sejumlah tahapan Musrenbang, gubernur dan ketua DPRD juga akan berdialog dengan masyarakat di kabupaten dan kota untuk menjaring usulan program prioritas di daerah.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng, Dadang Somantri menyebut masukan dan saran untuk penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Tahun 2018 dapat disampaikan melalui alamat e-mail program.bappedajtg@gmail.com.
“Usulan masyarakat juga dapat disampaikan melalui alamat website http://rembugan.jatengprov.go.id,” ujar Dadang. (*)