Profil ESDM Jawa Tengah

Ka Dinas ESDM Prov Jateng

Sekapur Sirih

Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah, merupakan salah satu instansi pemerintah yang khusus menangani berbagai masalah pertambangan, dinas ini beralamatkan di jalan Madukoro AA – BB No. 44 Semarang 50144, Telepon 024-7608203, 7610121 • Faksimil 024-7608379

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah sebagai suatu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bertanggung jawab melaksanakan sebagian tugas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di bidang energi dan sumber daya mineral, diharapkan mampu mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah sebagaimana yang digariskan dalam RPJMD Provinsi Jawa Tengah 2013 – 2018. Arah kebijakan RPJMD Provinsi Jawa Tengah 2013 – 2018 yang terkait dengan pembangunan energi dan sumber daya mineral, merupakan acuan dasar dalam menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah telah memasuki usia yang genap 10 tahun sejak terbentuknya Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru dalam Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yaitu pada bulan Juni 2008 yang sebelumnya bernama Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Jawa Tengah.

Profil Pejabat Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah » Profile Pejabat

Tugas Pokok dan Fungsi :

Tugas dan Fungsi Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah sesuai Perda Provinsi Jawa Tengah 27 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah ; Struktur organisasi ini merupakan hasil penataan kembali SOTK berdasarkan rekomendasi evaluasi oleh Mendagri dengan surat nomor 061/9383/SJ tanggal 27 Desember 2017, adalah sebagai berikut ::

  1. perumusan kebijakan bidang geologi dan air tanah, mineral dan batubara, ketenagalistrikan, energi baru terbarukan;
  2. pelaksanaan kebijakan bidang geologi dan air tanah, mineral dan batubara, ketenagalistrikan, energi baru terbarukan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang geologi dan air tanah, mineral dan batubara, ketenagalistrikan, energi baru terbarukan;
  4. pelaksanaan dan pembinaan administrasi kepada seluruh unit kerja di lingkungan Dinas; dan
  5. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Gubernur, sesuai tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya Kepala Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi JawaTengah membawahi :

  1. Sekretariat;
  2. Bidang Geologi dan Air Tanah;
  3. Bidang Mineral dan Batubara;
  4. Bidang Ketenagalistrikan;
  5. Bidang Energi Baru Terbarukan (EBT);
  6. Cabang Dinas Wilayah Solo;
  7. Cabang Dinas Wilayah Serayu Utara;
  8. Cabang Dinas Wilayah Serayu Selatan;
  9. Cabang Dinas Wilayah Ungaran Telomoyo;
  10. Cabang Dinas Wilayah Slamet Utara;
  11. Cabang Dinas Wilayah Kendeng Muria;
  12. Cabang Dinas Wilayah Slamet Selatan;
  13. Cabang Dinas Wilayah Sewu Lawu;
  14. Cabang Dinas Wilayah Kendeng Selatan;
  15. Ka Laboratorium ESDM
  16. Kelompok Jabatan Fungsional.

Peran Sektor Esdm Dalam RPJMD 2013 – 2018

  1. Dinas ESDM mendukung misi ke 2 RPJMD yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, menanggulangi kemiskinan dan pengangguran.
  2. Tujuan : mewujudkan Desa Mandiri/Berdikari melalui Kedaulatan Pangan dan Kedaulatan Energi.
  3. Sasaran : Terjaminnya ketersediaan energi dengan potensi lokal.
  4. Indikator Sasaran : rasio elektrifikasi dan persentase pemanfaatan EBT terhadap total pemanfaatan energi.
  5. Indikator kinerja (outcome) : RE tahun 2018 sebesar 92,12 % dan persentase pemanfaatan EBT terhadap total konsumsi energi 10,2%.

Arah Kebijakan Pembangunan Dalam RPJMD Sektor ESDM :

  1. Tahun 2014 fokus pada peningkatan kualitas dan kapasitas infrastruktur guna mendukung pengembangan wilayah, dengan prioritas pengembangan EBT dan konservasi energi, dengan pengembangan dan pembangunan PLTS, PLTMH, dan Panas Bumi; peningkatan rasio elektrifikasi.
  2. Tahun 2015 fokus pada peningkatan infrastruktur yang makin berkualitas guna mendukung pengembangan wilayah, dengan prioritas pemetaan potensi EBT di Jawa Tengah; pembangunan demplot gas rawa, biogas dan biomass; wasdal pengembangan pemanfaatan energi panas bumi, audit energi, PLTMH, PLTS SHS dan PLTS PJU, jarlisdes.
  3. Tahun 2016 s/d 2018 fokus pada kedaulatan energi, dengan prioritas meliputi kajian pemetaan EBT, pembangunan demplot gas rawa, biogas, biomasa,, audit energi, PLTMH, PLTS SHS dan PLTS PJU, jarlisdes, sambungan listrik murah.

Tahun Anggaran 2013 - 2018

RENSTRA

Renstra Dinas ESDM Jateng 2013-2018

Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tanggal 7 Juni 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Jawa Tengah. Struktur organisasi ini merupakan hasil penataan kembali SOTK sebelumnya (Perda Nomor 1 Tahun 2002). Perubahan organisasi perangkat daerah ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas organisasi, mengoptimalkan nilai pelayanan. Detail.. »

Isu Strategis Berdasarkan Tugas dan Fungsi

Potensi permasalahan pembangunan daerah pada umumnya timbul dari kekuatan yang belum didayagunakan secara optimal, kelemahan yang tidak diatasi, peluang yang tidak dimanfaatkan, dan ancaman yang tidak diantisipasi. Untuk mendapatkan gambaran awal bagaimana permasalahan infrastruktur dapat dipecahkan dan diselesaikan dengan baik, tiap-tiap permasalahan juga diidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilannya dimasa datang.
detail.. »

Rencana Program dan Kegiatan

Program adalah instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD sebagai wujud pengimplementasian strategi dan kebijakan yang ditetapkan. Merujuk pada RPJMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013-2018 yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Jawa Tengah Nomor 5 Tahun 2014. detail »

Rencana Kegiatan dan Anggaran

Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas ESDM JatengRincian Anggaran Belanja Langsung Bidang Listrik Menurut Program dan Per Kegiatan Organisasi Perangkat Daerah.
Detail »